Skip to main content

Huo Yuan Jia : Musuh Terkuat adalah Diri Sendiri


Jet Li, Fearless, Pendekar Kungfu, Huo Yuan Jia, China masa lalu
Huo Yuan Jia
(diperankan oleh Jet Li)
Huo Yuan Jia yang dimaksud di sini adalah salah satu tokoh dalam film yang berjudul Fearless. Film tersebut dibintangi oleh salah satu aktor terkenal dari Cina yaitu Jet Li yang berperan sebagai Huo Yuan Jia.


Secara umum film ini mengisahkan tentang kehidupan yang terjadi di negara cina antara tahun 1870an hingga 1910. Saat itu negara cina sedang berada dalam kondisi imperialisme dan manipulasi  jepang. Hadirnya tokoh kung fu Huo yuan Jia yang menantang petarung asal bangsa Barat dan Jepang berhasil mengobarkan semangat juang rakyat untuk bebas dari belenggu penjajahan.

Fearless, Jet Li, Huo Yuan Jia, Pahlawan
Film Fearless
Keberanian Huo Yuanjia juga memperlihatkan bahwa petarung dari Cina juga mampu bersaing melawan petarung dari negara barat. Hal ini sesuai dengan motto film tersebut "Fate made him a warrior, courage made him a hero" yang artinya "Takdir menjadikannya seorang pejuang, keberanian menjadikannya seorang pahlawan"


Dalam film tersebut tokoh Huo Yuan Jia merupakan anak dari seorang tokoh wushu yang bernama Huo Endi (diperankan oleh Collin Chou). Saat kecilnya dia dilarang berlatih silat oleh ayahnya. Namun dia bersikeras untuk tetap berlatih secara sembunyi-sembunyi. Kadang kala dia juga mengintip latihan ayahnya beserta murid-muridnya.
Huo Yuan Jia, Jet Li, Pertarungan, Pendekar Kungfu
Huo Yuan Jia melawan petarung asal Jepang
Setelah dewasa dia berhasrat untuk menjadi yang nomor satu di Tianjin (kota tempat tinggalnya). Semua jagoan kung fu ditantangnya dan berhasil dikalahkannya. Hal ini menjadikan dia menjadi angkuh dan sombong. Seseorang anak dari salah satu jagoan kung fu yang pernah dikalahkannya pun menaruh dendam dengannya. Akhirnya orang itu membunuh keluarga dari Huo Yuanjia, yakni ibu, istri dan anaknya.

Keadaan ini membuat Huo Yuanjia merasa sangat terpukul dan depresi. Hingga akhirnya dia hangut di sebuah sungai dan berhasil ditolong oleh seorang gadis buta asal suatu desa. Di desa tersebut dia kembali menjadi manusia yang baru. Dia mulai merenung dan mengakui kesalahannya selama ini. Dia akhirnya sadar, bahwa kung fu bukanlah untuk mencari kebanggaan dan untuk menyakiti orang lain. 

Selang beberapa waktu kemudian, dia kembali ke kotanya dengan wajah baru. Dia yang sekarang lebih menyadari arti sebuah petarungan. Dia pun dengan gagah berani melawan para petarung asal negara Barat dan Jepang. Kemenangan demi kemenangan diraihnya hingga akhirnya dia melaju ke pertandingan terakhir melawan seorang pesilat asal jepang.

Namun sayang, di pertandingan tersebut ada pihak yang menaruh racun dalam minuman Huo Yuan Jia. Di ronde kedua pertandingan berlangsung dia mulai merasakan keracunan dan mulai menyebar ke seluruh tubuhnya. Dia pun meninggal dunia sebagai seorang pahlawan yang mau bertarung untuk membela negara tercintanya.
===================================
Hikmah yang bisa diambil dari tokoh tesebut adalah Janganlah kita menyombongkan diri atas apa yang ada pada diri kita. Karena semua itu adalah titipan dan amanah dari Yang Maha Kuasa. Gunakanlah kelebihan yang terdapat pada diri kita untuk tujuan yang baik, untuk sarana ibadah dan untuk lebih meningkatkan kepedulian kita terhadap sesama.

Semoga bermanfaat

Comments

  1. Itu Salah huo yuan jia tidaklah sombong itu media yg memalsukan informasi.tidak mungkin seorang pahlawan sombong

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan tulis komentar anda.

Popular posts from this blog

Awan Kintoun : Hanya Bisa Dinaikki Oleh Mereka Yang Hatinya Bersih

Awan Kintoun (Tokoh Dalam Komik Dragon Ball) Awan kintoun merupakan salah satu tokoh dalam serial komik Dragon Ball. Awan ini biasa digunakan sebagai kendaraan oleh Son Goku. Awan Kintoun ini mempunyai sifat yang unik yaitu tidak bisa dinaiki oleh mereka yang tidak bersih hatinya. Awan Kintoun ini akan datang hanya dengan memanggilnya menggunakan sebuah teriakan. Namun tentu saja tidak sembarang orang bisa memanggilnya. Hanya orang yang sudah menjadi majikan dari awan tersebut yang dapat memanggilnya.

Bayu Purnomo Jati : Cita citaku ingin menjadi pemain Timnas

Bayu Purnomo Jati Bayu Purnomo Jati merupakan nama salah satu tokoh dalam film Garuda di Dadaku yang disutradarai oleh Ifa Isfansyah . Tokoh ini diperankan oleh Emir Mahira .